Rabu, 08 Februari 2017

CONTOH PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM 2013


Hai temen-temen kembali lagi sama admin, dsini admin mau memposting lagi nih tentang program tahunan yang selalu jadi makanan sehari-hari para guru jadi bagi siapa-siapa saja yang menjadi guru atau kuliah di bidang keguruan.

Disini saya sudah menyediakan contoh program tahunan kurikulum 2013 siapa tau berguna buat para pembaca dan sangat berguna lagi bagi anda yang jurusanya keguruan dan untuk mempersingkat waktu saya persilahkan lihat-lihat contoh program tahunannya....


  



Program Tahunan


Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas/Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran            : Seni Budaya
Kelas/Semester            : X/1
Kompetensi Inti          :

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu meng­gunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Semester
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
1
1.1      Menunjukkan sikap penghayatan dan pengmalan serta bangga terhadap karya seni rupa dua dimensi sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1      Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.
3.1      Memahami struktur, jenis, dan fungsi karya seni lukis dengan beragam media dan teknik.
3.2      Menganalisis simbol, makna, dan nilai estetika karya seni lukis dengan beragam media dan teknik.
3.3      Memahami struktur, jenis, dan fungsi karya seni grafis dengan beragam media dan teknik.
3.4      Menganalisis simbol, makna, dan nilai estetika karya seni grafis dengan beragam media dan teknik.
3.5      Memahami struktur, jenis, dan fungsi karya seni ilustrasi dengan beragam media dan teknik.
3.6      Menganalisis simbol, makna, dan nilai estetika karya seni ilustrasi dengan beragam media dan teknik.
3.7      Menganalisis kegiatan pameran karya seni rupa dua dimensi.
Unit 1
Mengapresiasi Karya Seni Rupa Nusantara

A.     Stuktur, Jenis, dan Fungsi Karya Seni Rupa Nusantara
B.     Keunikan Seni Rupa Nusantara
C.     Bentuk dan Makna Karya Seni Rupa Nusantara
D.     Penilaian Karya Seni Rupa Terapan Nusantara

15    JP
1.1       Menunjukkan sikap penghayatan dan pengalaman serta bangga terhadap seni music non tradisional sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1       Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung  jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.
3.1       Memahami music nontradisional berdasarkan jenis dan fungsinya.
3.2       Menganalisis music nontradisional berdasarkan symbol, dan nilai estetisnya.
3.3       Memahami partitur music nontradisional berdasarkan jenis dan fungsinya.
3.4       Menganalisis partitur music nontradisional berdasarkan symbol dan nilai estetiknya.
3.5       Menganalisis kegiatan pagelaran music nontradisional.

Unit 2
Apresiasi Karya Musik Nontradisional

A.     Jenis dan Fungsi Musik Nontradisional dalam Konteks Budaya Masyarakat
B.     Mengungkapkan Pengalaman Musikal dari Hasil Pengamatan
C.     Apresiasi Karakteristik dan Nilai-Nilai Musik Nontradisional secara Luas
9        JP
1.1  Menunjukkan sikap penghayatan dan pengalaman serta bangga terhadap karya seni tari nontradisional sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1  Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung  jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.
3.1  Memahami eksplorasi gerak tari nontradisional    berdasarkan jenis dan fungsi.
3.2  Menganalisis eksplorasi gerak tari nontradisional berdasarkan makna simbol, dan nilai estetis.
3.3  Memahami improvisasi gerak tari nontradisional berdasarkan jenis dan fungsinya.
3.4  Menganalisis improvisasi gerak tari nontradisional berdasarkan makna dan simbol, dan nilai estetis.
3.5  Memahami penyusunan gerak tari nontradisional berdasarkan jenis dan fungsinya.
3.6  Memahami penyusunan gerak tari nontradisional berdasarkan makna, simbol dan nilai estetis;
3.7  Menganalisis pergelaran tari nontradisional                                  

Unit 3
Apresiasi Seni Tari Kreasi Nusantara

A.     Jenis, Fungsi, dan Prekembangab Tari Nusantara
B.     Mengidentifikasi Gerak Tari Nusantara Berdasarkan Makna, Simbol, dan Nilai Estetis

6 JP
1.1  Menunjukkan sikap penghargaan dan pengamalan serta bangga terhadap karya seni teater non tradisional sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1  Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.
3.1  Memahami peran tokoh teater non tradisional berdasarkan jenis dan fungsi.
3.2  Menganalisis peran tokoh teater non tradisional berdasarkan makna, symbol, dan nilai estetis.
3.3  Memahami interpretasi peran tokoh teater non tradisional berdasarkan jenis dan fungsi.
3.4  Menganalisis interpretasi peran tokoh teater non tradisional berdasarkan makna symbol dan nilai estetis.

Unit 4
Apresiasi Teater Nontradisional

A.     Sejarah Perkembangan Teater Nontradisional
B.     Unsur-Unsur Estetis dan Pesan Moral Teater
C.     Makna, Simbol, dan Fungsi Teater Indonesia
D.     Apresiatif terhadap Kualitas Estetis Teater Nontradisional
E.      Apresiatif Pesan Moral pada Teater Nontradisional
15 JP







Mengetahui
Kepala Sekolah .................


( _______________________ )
NIP/ NIK .................................

......, ........................... 20...
Guru Mapel Seni Budaya


( _______________________ )
NIP/ NIK ..................................





Program Tahunan



Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas/Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran            : Seni Budaya
Kelas/Semester            : X/2
Kompetensi Inti          :

1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu meng­gunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


Semester
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Alokasi Waktu
2
2.2  Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatannya.
2.3  Menunjukkan sikap responsive dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesame, menghargai karya seni dan pembuatnya.
4.1  Merancang dan membuat karya seni lukis.
4.2  Merancang dan membuat karya seni grafis.
4.3  Merancang dan membuat karya seni ilustrasi.
4.4  Mempresentasikan karya seni rupa dua dimensi melalui kegiatan pameran.

Unit 5
Kreasi Karya Seni Rupa

A.     Berkarya Membuat Karya Lukis
B.     Membuat Karya Seni Rupa Patung
C.     Kreasi Karya Seni Grafis
D.     Menyiapkan Pameran Karya Seni Rupa

15    JP
2.2  Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatnya.
2.3  Menunjukkan sikap responsive dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesame, menghargai karya seni dan pembuatnya.
4.1  Menampilkan musik nontradisional.
4.2  Menampilkan musik nontradisional dengan membaca partitur.
4.3  Menampilkan musik nontradisional dengan partitur lagu karya sendiri.
4.4  Mempergelarkan music nontradisional dengan memperhatikan nila-nilai estetis.

Unit 6
Berkarya Musik Nontradisional

A.     Mengembangkan Gagasan Kreatif Karya Musik Nontradisional
B.     Pertunjukan Musik Nontradisional
C.     Menggelar Pertunjukan Musik
9                         JP
2.2  Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatnya.
2.3  Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, menghargai karya seni dan pembuatnya.
4.1  Melakukan eksplorasi gerak tari nontradisional.
4.2  Melakukan improvisasi gerak tari nontradisional.
4.3  Menyusun gerak tari nontradisional sesuai dengan iringan.
4.4  Memperagakan bentuk tari nontradisional sesuai iringan.

Unit 7
Berkarya Seni Tari Kreasi

A.     Proses Berkreasi Tari
B.     Menampilkan Karya Tari
9 JP
2.2  Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatnya.
2.3  Menunjukkan sikap responsive dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesame, menghargai karya seni dan pembuatnya.
4.1  Menginterpretasi tokoh dalam naskah drama teater nontradisional.
4.2  Memperagakan tokoh dalam naskah drama teater nontradisional.
4.3  Mempersiapkan pagelaran teater nontradisional.
4.4  Mempergelarkan teater nontradisional.
Unit 8
Pementasan Teater Nontradisional

A.     Penghayatan Peran dan Teater
B.     Merancang Karya Teater Nontradisional
C.     Prinsip Kerja Sama dalam Berteater
D.     Menyiapkan Pertunjukan Teater
E.      Menggelar Pertunjukan Teater
15 JP



Mengetahui
Kepala Sekolah .................


( _______________________ )
NIP/ NIK .................................

......, ........................... 20...
Guru Mapel Seni Budaya


( _______________________ )
NIP/ NIK ..................................


Nah itu dia tadi bentuk/contoh dari program tahunan kurikulum 2013 terima kasih sudah melihat dan mampir di blog saya, selalu lihat-lihat di blog saya ya sampai jumpa lagi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar