Hai temen-temen kembali lagi sama admin, dsini admin mau memposting lagi nih tentang program tahunan yang selalu jadi makanan sehari-hari para guru jadi bagi siapa-siapa saja yang menjadi guru atau kuliah di bidang keguruan.
Disini saya sudah menyediakan contoh program tahunan kurikulum 2013 siapa tau berguna buat para pembaca dan sangat berguna lagi bagi anda yang jurusanya keguruan dan untuk mempersingkat waktu saya persilahkan lihat-lihat contoh program tahunannya....
Program Tahunan
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas/Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : X/1
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Semester
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Alokasi Waktu
|
1
|
1.1
Menunjukkan sikap penghayatan dan pengmalan serta bangga
terhadap karya seni rupa dua dimensi sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan.
2.1
Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan
disiplin melalui aktivitas berkesenian.
3.1
Memahami struktur, jenis, dan fungsi karya seni lukis dengan
beragam media dan teknik.
3.2
Menganalisis simbol,
makna, dan nilai estetika karya seni lukis dengan beragam media dan teknik.
3.3
Memahami struktur,
jenis, dan fungsi karya seni grafis dengan beragam media dan teknik.
3.4
Menganalisis simbol,
makna, dan nilai estetika karya seni grafis dengan beragam media dan teknik.
3.5
Memahami struktur,
jenis, dan fungsi karya seni ilustrasi dengan beragam media dan teknik.
3.6
Menganalisis simbol,
makna, dan nilai estetika karya seni ilustrasi dengan beragam media dan
teknik.
3.7
Menganalisis kegiatan
pameran karya seni rupa dua dimensi.
|
Unit 1
Mengapresiasi
Karya Seni Rupa Nusantara
A.
Stuktur, Jenis, dan Fungsi Karya Seni Rupa Nusantara
B.
Keunikan Seni Rupa
Nusantara
C.
Bentuk dan Makna Karya Seni
Rupa Nusantara
D.
Penilaian Karya Seni Rupa
Terapan Nusantara
|
15
JP
|
1.1
Menunjukkan
sikap penghayatan dan pengalaman serta bangga terhadap seni music non
tradisional sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1
Menunjukkan
sikap kerjasama, bertanggung jawab,
toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.
3.1
Memahami
music nontradisional berdasarkan jenis dan fungsinya.
3.2
Menganalisis
music nontradisional berdasarkan symbol, dan nilai estetisnya.
3.3
Memahami
partitur music nontradisional berdasarkan jenis dan fungsinya.
3.4
Menganalisis
partitur music nontradisional berdasarkan symbol dan nilai estetiknya.
3.5
Menganalisis
kegiatan pagelaran music nontradisional.
|
Unit 2
Apresiasi Karya Musik Nontradisional
A.
Jenis dan Fungsi Musik Nontradisional dalam Konteks Budaya
Masyarakat
B.
Mengungkapkan Pengalaman Musikal dari Hasil Pengamatan
C.
Apresiasi Karakteristik dan Nilai-Nilai Musik Nontradisional
secara Luas
|
9
JP
|
|
1.1 Menunjukkan sikap
penghayatan dan pengalaman serta bangga terhadap karya seni tari
nontradisional sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
2.1 Menunjukkan sikap
kerjasama, bertanggung jawab, toleran,
dan disiplin melalui aktivitas berkesenian.
3.1 Memahami eksplorasi gerak tari nontradisional berdasarkan jenis dan fungsi.
3.2 Menganalisis eksplorasi gerak tari nontradisional
berdasarkan makna simbol, dan nilai estetis.
3.3 Memahami improvisasi gerak tari
nontradisional berdasarkan jenis dan fungsinya.
3.4 Menganalisis improvisasi gerak tari
nontradisional berdasarkan makna dan simbol, dan nilai estetis.
3.5 Memahami penyusunan gerak tari
nontradisional berdasarkan jenis dan fungsinya.
3.6 Memahami penyusunan gerak tari
nontradisional berdasarkan makna, simbol dan nilai estetis;
3.7 Menganalisis pergelaran
tari nontradisional
|
Unit 3
Apresiasi Seni Tari Kreasi
Nusantara
A.
Jenis,
Fungsi, dan Prekembangab Tari Nusantara
B.
Mengidentifikasi
Gerak Tari Nusantara Berdasarkan Makna, Simbol, dan Nilai Estetis
|
6 JP
|
|
1.1
Menunjukkan sikap penghargaan dan pengamalan serta bangga
terhadap karya seni teater non tradisional sebagai bentuk rasa syukur
terhadap anugerah Tuhan.
2.1
Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung jawab, toleran, dan
disiplin melalui aktivitas berkesenian.
3.1
Memahami peran tokoh teater non tradisional berdasarkan jenis
dan fungsi.
3.2
Menganalisis peran tokoh teater non tradisional berdasarkan
makna, symbol, dan nilai estetis.
3.3
Memahami interpretasi peran tokoh teater non tradisional
berdasarkan jenis dan fungsi.
3.4
Menganalisis interpretasi peran tokoh teater non tradisional
berdasarkan makna symbol dan nilai estetis.
|
Unit 4
Apresiasi Teater
Nontradisional
A.
Sejarah Perkembangan Teater Nontradisional
B.
Unsur-Unsur Estetis dan Pesan Moral Teater
C.
Makna, Simbol, dan Fungsi Teater Indonesia
D.
Apresiatif terhadap Kualitas Estetis Teater
Nontradisional
E.
Apresiatif Pesan Moral pada Teater Nontradisional
|
15 JP
|
Mengetahui
Kepala Sekolah .................
( _______________________ )
NIP/ NIK
.................................
|
|
......, ........................... 20...
Guru Mapel Seni Budaya
( _______________________ )
NIP/ NIK
..................................
|
Program Tahunan
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas/Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas/Semester : X/2
Kompetensi Inti :
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Semester
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Alokasi Waktu
|
2
|
2.2
Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi
seni dan pembuatannya.
2.3
Menunjukkan sikap responsive dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkungan dan sesame, menghargai karya seni dan pembuatnya.
4.1
Merancang dan membuat
karya seni lukis.
4.2
Merancang dan membuat
karya seni grafis.
4.3
Merancang dan membuat
karya seni ilustrasi.
4.4
Mempresentasikan karya
seni rupa dua dimensi melalui kegiatan pameran.
|
Unit 5
Kreasi Karya Seni Rupa
A.
Berkarya Membuat Karya Lukis
B.
Membuat Karya Seni Rupa Patung
C.
Kreasi Karya Seni Grafis
D.
Menyiapkan Pameran Karya Seni
Rupa
|
15
JP
|
2.2
Menunjukkan
sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatnya.
2.3
Menunjukkan
sikap responsive dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesame,
menghargai karya seni dan pembuatnya.
4.1 Menampilkan
musik nontradisional.
4.2 Menampilkan
musik nontradisional dengan membaca partitur.
4.3 Menampilkan
musik nontradisional dengan partitur lagu karya sendiri.
4.4
Mempergelarkan music
nontradisional dengan memperhatikan nila-nilai estetis.
|
Unit 6
Berkarya Musik Nontradisional
A.
Mengembangkan Gagasan Kreatif Karya Musik Nontradisional
B.
Pertunjukan Musik Nontradisional
C.
Menggelar Pertunjukan Musik
|
9
JP
|
|
2.2 Menunjukkan sikap
santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatnya.
2.3 Menunjukkan sikap
responsif dan pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, menghargai
karya seni dan pembuatnya.
4.1 Melakukan eksplorasi
gerak tari nontradisional.
4.2 Melakukan improvisasi
gerak tari nontradisional.
4.3 Menyusun gerak tari
nontradisional sesuai dengan iringan.
4.4 Memperagakan bentuk
tari nontradisional sesuai iringan.
|
Unit 7
Berkarya Seni Tari Kreasi
A.
Proses
Berkreasi Tari
B.
Menampilkan
Karya Tari
|
9 JP
|
|
2.2
Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiasi
seni dan pembuatnya.
2.3
Menunjukkan sikap responsive dan pro-aktif, peduli terhadap
lingkungan dan sesame, menghargai karya seni dan pembuatnya.
4.1
Menginterpretasi tokoh dalam naskah drama teater nontradisional.
4.2
Memperagakan tokoh dalam naskah drama teater nontradisional.
4.3
Mempersiapkan pagelaran teater nontradisional.
4.4
Mempergelarkan teater nontradisional.
|
Unit 8
Pementasan Teater
Nontradisional
A.
Penghayatan
Peran dan Teater
B.
Merancang Karya Teater
Nontradisional
C.
Prinsip
Kerja Sama dalam Berteater
D.
Menyiapkan
Pertunjukan Teater
E.
Menggelar
Pertunjukan Teater
|
15 JP
|
Mengetahui
Kepala Sekolah .................
( _______________________ )
NIP/ NIK
.................................
|
|
......, ........................... 20...
Guru Mapel Seni Budaya
( _______________________ )
NIP/ NIK ..................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar